Catatanku di Maya

Sepi …

Sepi …
mengapa kau hadir
menyergapku di sini
di sela hari-hari
dalam keterasingan diri?

Sepi …
mengapa selalu membuka celah
dalam setiap jiwa yang lelah
hingga membuat diri kalah
diliputi rasa bersalah?

dan sepi …
tolong jangan hampiri diriku lagi….

***

Pernahkah terbelenggu dalam sepi… terpisah dari hingar bingar duniawi… ??
Sungguh … sepi begitu menyiksa, ingin berlari … tapi tak kuasa kerana keadaanlah yang memaksa…

Jika suatu saat dia menghampirimu, menyergapmu, membelenggumu, dan kau tak bisa berkutik dari hal itu…

Ketahuilah… Bersabar itu lebih indah…
Jadikan ia temanmu agar nyaman hidupmu,ย  …memang butuh waktu … namun kau pun kan terbiasa dengan itu…
Jadikan dia temanmu… agar kau dapat lalui hari-harimu… sebagaimana dulu…
Jadikan dia temanmu…
karena sungguh, ….
akupun pernah merasakan sepi itu …
dan kunikmati sensasi nuansanya di sepanjang hari-hariku …
… dia masih setia menemaniku … hingga tiba waktu dia kan berlalu…
sambil tersenyum … kuberbisik…
” Dan sepi… , tolong jangan hampiri diriku lagi… “
Advertisements

Comments on: "Sepi …" (40)

  1. ah mau putar otak dulu, mari kita gali doktrin sepi ini.

    Sepi, 4 huruf 2 suku kata. Yeah.

    ============================================================

    I. Berdasarkan cara kita merasakan sepi tersebut:

    A. Sepi yang bisa ditangkap 5 panca indera, atau sepi eksternal:

    1. Sepi secara visual. Misalnya, pada malam hari di sawah, kita tidak melihat apa-apa selain padi

    2. Sepi secara audio. Misalnya, saat sedang ujian, sekalipun ramai pesertanya, namun tidak diperbolehkan berbicara. Sehingga, suasana hening

    3. Sepi secara sentuhan fisik. Misalnya, kita sedang tidak di dalam keramaian, sehingga tidak ada yang pegang-pegang (tapi ini bukan pegang-pegang yang begituan lho)

    4. Sepi secara indra penciuman. Contoh: masuk ke dapur, tapi mami belum masak. Jadi, tidak ada aroma apapun

    5. Sepi secara indra pengecap. Contoh: makanan yang kurang bumbu, sehingga “sepi rasa”.

    B. Sepi yang tidak ter-indera, alias sepi internal

    1. Sepi pada hati. Misalnya, orangtua kita baru saja meninggal. Sekalipun secara external rame (dikelilingi teman-teman dan keluarga), tetap bagi kita rasanya sepi, karena tiada lagi kasih yang kita dapatkan

    2. Sepi pada semangat. Misalnya, kita tidak memiliki semangat untuk mengerjakan sesuatu.

    3. Sepi pikiran. Misalnya, kita belum punya ide untuk menyelesaikan tugas akhir kemahasiswaan, dll.

    4. Sepi Rohani. Misalnya, telah lama kita terhisab dalam gaya hidup duniawi. Dan lama tidak mendekatkan diri kepadaNYA.

    =================================================================

    II. Berdasarkan penyebab sepi tersebut:

    1. Pengaruh dari luar (kebanyakan sepi eksternal)
    2. Pengaruh dari dalam diri sendiri (kebanyakan sepi internal tadi).

    =================================================================

    III. Pengendalian terhadap sepi:

    1. Mudah untuk dikendalikan. Ini kebanyakan sepi yang eksternal. Misalnya, rumah lagi sepi, bisa diatasi dengan memutar lagu atau pasang televisi dengan volume keras.

    2. Sulit untuk dikendalikan. Ini kebanyakan sepi yang internal. Seperti contoh tadi, kalau kita kehilangan orang tua yang baru meninggal, rasa sepi itu akan sulit hilang.

    =================================================================

    IV. Penyebab Sepi:

    1. Dari diri kita sendiri. Contoh: Halaman rumah hanya ditumbuhi rumput, tidak mau ditumbuhi bunga. Ya jelas saja jadi sepi.

    2. Pengaruh dari luar. Contoh: apa ya contohnya? ๐Ÿ˜›

    Yah itu saja komentarnya ๐Ÿ˜€

    ๐Ÿ˜† … mikha… mikhaaa… lengkap banget!! antik kamu…. b*.^

  2. saat inipun aku masih berteman dengan sepi
    dia selalu setia menemaniku
    walau di luar hingar bingar,
    tapi di dalam sini dia selalu tersenyum dan memelukku erat ๐Ÿ™‚

    dan jika kita anggap sepi itu adalah teman, maka kita tak akan kesepian lagi kan Da… ^^

  3. sepi….terkadang aku merindukannya…..sesaat saja…

    yeeaah… ๐Ÿ™‚

  4. sepi….i like it…(pas lagi belajar persiapan ujian..hehehe…)
    sepi….i like it…(karena ia mengajakku ber-taqarub dan mendekat pada-NYA)
    sepi….i need….

    yeeaah.. again, agree with u… ^^

  5. Sepi itu…. enak untuk belajar…
    Sepi itu…. nikmat untuk introspeksi diri…
    Sepi itu…. sempurna untuk tidur… ๐Ÿ™‚

    ada masanya utk itu … ๐Ÿ™‚

  6. Bagaimana jika kita merasa sepi dalam keramaian. Saya terkadang merasakannya.

    berarti ada sesuatu yg dicari oleh hati itu… dia sedang mengembara mencari dambaannya… hampa di tengah ramainya suasana, itulah yg dirasa…

  7. klo sepi dateng geplok aja ma raket nyamuk, jgn smpe kesepian kelamaan ya mbak keep smiling ๐Ÿ˜€

    ya mbak, makasih

  8. Sepi
    saat keramaian pun tak mengusirnya

    mengusir sepi?? berarti sepi telah merasuki hati…^^

  9. Kalau lagi sepi temukan cinta, dalam hati sendiri, bukan dari orang lain. Mudah-mudahan sepinya buyar.

    ya betul… temukan cinta di hati, bukan dr org lain… anggap sepi itu sbg teman… ^^

  10. sepi itu ketenangan…

    terkadang merupakan suatu belenggu… ๐Ÿ˜ฆ

  11. di desa saya mah sepi, apalagi kalo ada pemadaman. demen amat sih pln ngadain kaya gitu *curhat*

    hehehe… sepi ya mas… enaknya buat duduk di teras rumah, terus merenung kalau pas PLN ngadain pemadaman..^^

  12. menjadi bermakna ketika kita merasakan sepi…

    dan memaknai sepi…

  13. Terimkasih anda telah membaca dan memberikan komentar pada postingan dengan judul A Poem From Love. Saya sangat senang dengan kunjungan dan komentar anda.

    sama2 mas… telah berkunjung ke kebunku… terimakasih…

  14. sepi membawakan ide kepadamu
    membuatmu sanggup menulis puisi ini

    yeaah… puisi ini tercipta karena sepi… ^^

  15. sekarang dah gak sepi lagi kan Rose.
    sudah banyak sahabat2 blogger yg hadir menyapamu ๐Ÿ˜€
    salam

    alhamdulillaah… lumayan bunda… ^^

  16. aku suka sepi …
    disaat aku bisa berasyik masyuk denganNya
    disaat semua tenggelam dalam mimpi mimpi indahnya
    aku suka sepi…
    karena dalam sepi
    aku bisa larut dalam debaran cintaNya

    sepi krn inilah yg kucari dan kuharapkan…^^

  17. yupz… sepi memang bikin bete, tapi kadang keramaian juga bikin kepala pusing.
    Mending di tempat yang sedang2 saja, ga terlalu ramai dan ga terlalu sepi.

    pingin rose juga demikian… ^^

  18. yupz… sepi kadang bikin bete.
    tapi saya juga tak terlalu menyukai keramaian.

    Klo lagi sepi, mending2 gila2an sendirian aja.

  19. akupun pernah kesepian sobat
    salam pagi

    sama ya, peri… ^^

  20. sesungguhnya sepi hanyalah maya, yang tercipta dari sugesti pikiran kita….
    sepi tercipta karena kita menginginkannya, walau tanpa kita sadari…
    walau terkadang rasa sepi membuat hati menjadi pilu, tapi ada kalanya kita menginginkan sepi itu datang menghampiri kita…..

    tapi sepi yg tercipta padaku karena keadaan, bukan yg kuinginkan… dan aq tak bisa berkutik karenanya.

  21. sepi melanda dikala tak ada yg menemani.. untuk mencegah kesepian itu dihadapi dengan berbagai kegiatan yg positif + menghibur.. pasti sepinnya dapat hilang.. ๐Ÿ˜€

    itu yg masih aq usahakan… ^^ makasih ya

  22. kalo boleh mengibaratkan seperti lagunya backstreet boys ‘show me the meaning being lonely’……

    hmmm… ๐Ÿ™‚

  23. sajak/puisi yg sangat indah…nampaknya mewakili isi hati ya sist…??
    kunjungan persahabatan, salam kenal..

    salam, ^_^

    kenal juga brother, ya… demikian adanya… ^^

  24. jangan biarkan hatimu kosong agar tidak merasa sepi sist… ๐Ÿ™‚
    trimakasih kunjungannya ke blog sederhana saya, salam kenal… ๐Ÿ˜‰

    iya brother, rose usahakan demikian… makasih ya

  25. tary Sonora said:

    sepi itu indah

    sometimes… ๐Ÿ™‚

  26. I hate being alone, need someone to hold, but not yet find that person… *jah curcol*

    tapi yah seperti komen2 di atas , terkadang kita butuh waktu menyepi, ngomong2 2 hari lagi ada hari raya nyepi (oot) ๐Ÿ˜€

    kadang harus merabai sepi itu sendiri, tanpa seseorg di samping kita…^^

  27. Terkadang suasana sepi diperlukan untuk menenangkan dan menentramkan hati. Tapi kalau kesepian itu ada dalam hati dan membuat gelisah semakin nyata tentu diperlukan seseorang yang mampu meredam kesepian itu.

    betul pak, kalau sepi itu berasa sangat, sungguh menjadi hal yg tidak menyamankan hidup… ๐Ÿ˜ฆ

  28. darahbiroe said:

    moga sepi malam ini tidak sesepi hatimu hehe

    mati lampu gini suepi bangettt

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    terimakasih
    ๐Ÿ˜€

    terimakasih atas kunjungannya…

  29. Terkadang aku suka suasana sepi
    Tapi, berlama-lama dengannya tentu bukan hal yang menyenangkan

    betul…^^

  30. kunjungan balik nih
    sepi itu terkadang perlu
    disaat butuh teman sepi pasti datang terlebih dahulu
    disaat mau datang kegembiraan sepi pasti datang tak diduga
    sepi adalah sebuah fenomena
    jangan jadikan sepi terlalu lama menemani
    sallam…..sobat

    ya, dan naluri insani kan usir sang sepi…

  31. semoga kesepian ini cepat berlalu … berganti dengan kecerian dan kebahagian …. amin…

    aamiin.. terimakasih…^^

  32. sini tak temenin, biar gak sepi lagi…..^^,

    ๐Ÿ™‚

  33. Siti Fatimah Ahmad said:

    Assalamu’alaikum Rose

    Terima kasih sudah mampir ke laman saya. Salam kenal.

    Sepi itu indah.
    Sepi mendekatkan aku pada-Nya
    Sepi juga mendekatkan aku padanya
    Sepi selalu mengajak aku berfikir sendiri
    Sepi membuat aku semakin mengerti erti cinta dan sayang

    Salam mesra dari saya di Sarawak, MALAYSIA.

    sepi demikian yg rose cari, bunda…

  34. Sunyi sepi sendiri tiada yang menemani
    Usir sepi dengan ngeblog aja dech
    Gambar2 di blog ini bagus, hasil edit photoshop ya rose?

    ngga… nyari di sepanjang lorong net.. ^^

  35. Puisi yg indah … indah banget … ๐Ÿ˜€
    terkadang ‘sepi itu jadi momok – terkadang lagi, butuh …
    โ€ Dan sepiโ€ฆ , tolong jangan hampiri diriku lagiโ€ฆ

    ya mas… terimakasih dah berkunjung…^^

  36. kesepian ato emang lagi sepi mbak? ๐Ÿ˜‰

    sedang dibelenggu sepi

  37. Sepi…karena ada bagian diri kita yang ‘menginginkan sesuatu’ namun kita tidak tahu harus berbuat apa.Kita merasa sendiri meskipun banyak orang di sekeliling kita….

    itu sepi yg sudah merasuk di jiwa.. ๐Ÿ˜ฆ

  38. Abu Ghalib said:

    tiga bulan terakhir ini aku jauh dari orang yang kukasihi
    tiga bullan terakhir ini hari-hari sepi kulalui
    puisi ini tepat sekali untuk menggambarkan keadaanku saat ini

    terims

    semoga segera berkumpul kembali…^^

  39. sepi dan menyepikan diri…
    entah apakah itu dua hal yang sama ๐Ÿ™‚

    jelas berbeda…

  40. Sepi, sunyi, senyap ๐Ÿ˜ฆ
    biasanya saya jd bingung maw ngapain klo pas lg kesepian, ujung2nya blogwalking ato tidoer ๐Ÿ˜€

    Kunjungan perdana, salam kenal ๐Ÿ™‚

    kenal juga, makasih…^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: